Daerah Singit, Ngemplak, Karang Pandan, Karanganyar, Jawa Tengah.

Bibit-Lele

Bibit-Lele

Jumat, 07 November 2014

Lele Sangkuriang merupakan jenis ikan lele jumbo yang memiliki gen lebih baik dari segi pertumbuhan dan ukuran tubuh. Selain dikenal karena kecepatan tumbuhnya, ikan lele Sangkuriang juga dikenal lebih tahan terhadap berbagai jenis penyakit yang biasanya menghampiri lele jenis lain. Sekali bertelur, lele sangkuriang bisa menghasilkan 6000 buah telur, sedangkan lele dumbo biasa hanya mampu menghasilkan sekitar 4000 buah telur. Lele Sangkuriang tergolong jenis ikan omnivora. Di alam ataupun lingkungan budidaya, lele sangkuriang dapat memanfaatkan plankton, cacing, insekta, udang-udang kecil dan mollusca sebagai makanannya.

Penamaan ikan lele Sangkuriang mengambil nama seorang anak dari cerita mitologi Sunda. Dalam cerita tersebut adalah seorang anak bernama Sangkuriang yang berhasrat mengawini ibunya sendiri, yang merupakan analogi dari istilah silang balik (proses perkawinan untuk mendapatkan jenis ikan lele sangkuriang).

Menurut Anonimus (2005) secara umum morfologi ikan lele sangkuriang tidak memiliki banyak perbedaan dengan lele dumbo yang selama ini banyak dibudidayakan. Hal tersebut dikarenakan lele sangkuriang sendiri merupakan hasil silang dari induk lele dumbo. Tubuh ikan lele sangkuriang mempunyai bentuk tubuh memanjang, berkulit licin, berlendir, dan tidak bersisik. Bentuk kepala menggepeng, dengan mulut yang relatif lebar, mempunyai empat pasang sungut. Lele Sangkuriang memiliki tiga sirip tunggal, yakni sirip punggung, sirip ekor, dan sirip dubur. Sementara itu, sirip yang yang berpasangan ada dua yakni sirip dada dan sirip perut. Pada sirip dada dijumpai sepasang patil atau duri keras yang dapat digunakan untuk mempertahankan diri dan kadang-kadang dapat dipakai untuk berjalan dipermukaan tanah atau pematang. Pada bagian atas ruangan rongga insang terdapat alat pernapasan tambahan, bentuknya seperti batang pohon yang penuh dengan kapiler-kapiler darah.



Dengan harga jual lele sangkuriang yang lebih menjanjikan tentunya banyak pebisnis lele lebih beralih ke ikan lele jenis ini, karena selain lebih hemat biaya perawatan, pakan, lele sangkuriang lebih laris di pasaran dibanding lele jumbo biasa.
 



0 komentar:

Posting Komentar